Disini Aku Dilahirkan

Kabupaten Konawe

Kabupaten Konawe adalah salah satu Daerah Tingat II di Provinsi Sulawesi Tenggara. Ibukota Kabupaten ini terletak di Kota Unaaha. Dulu kabupaten ini bernama Kabupaten Kendari dengan ibukotanya  di Kendari. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 16.480 km² dan berpenduduk sebanyak 443.911 (2000). Kabupaten Konawe dikenal sebagai lumbung beras provinsi Sulawesi Tenggara. Separuh produksi beras provinsi tersebut berasal dari daerah ini.

Kabupaten Konawe yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara adalah hasil pemekaran Kabupaten Kendari (UU Nomor : 6 tahun 1995). Secara administratif Kabupaten Konawe meliputi Kecamatan Sampara, Soropia, Bondoala, Besulutu, Pondidaha, Wonggeduku, Wawotobi, Unaaha, Tongauna, Abuki, Asinua Utama, Latoma Utama, Uepay, Puriala, Lambuya dan Onembute .

Berdasarkan arah dan kebijakan pembangunan wilayah Sulawesi Tenggara, Kabupaten Konawe termasuk sebagai kawasan andalan penyangga Kota Kendari, yang diperuntukkan menjadi kawasan pertanian dan agroindustri.

Obyek Wisata Pantai Batu Gong
Pantai Batu Gong (Watu Nggarandu) terletak di Kabupaten Konawe, sekitar 17 kilometer sebelah utara Kota Kendari. Lokasi pantai yang agak jauh dari pemukiman membuat suasana pantai ini terasa lebih sunyi dan alami. Pantai ini menghadap langsung ke Laut Banda yang luas. Sementara di sisi selatan, gugusan pegunungan Nipanipa berdiri dengan gagah.

Nama Pantai ini sangat unik, yaitu Pantai Batu Gong. Batu berasal dari kata ‘Batu’ dan kata ‘Gong’ yang berasal dari sebuah batu besar yang mengeluarkan suara gong (sejenis alat musik tradisional) apabila terkena pukulan ombak laut. Pantai Batu Gong dengan pasir putih sebagai ciri khasnya yang unik merupakan tempat yang tidak bisa dilewatkan begitu saja untuk dikunjung. Masyarakat setempat punya legenda tentang suara gong yang kerap terdengar. Tentang suara gong ini, konon berasal dari gugusan karang yang terlihat di sebelah selatan pantai. Walaupun belum bisa diklarifikasi mengenai bagaimana proses bunyi itu terjadi, warga sekitar dikabarkan sering mendengarnya.

Di pantai ini tersedia beberapa bagunan-bangunan kecil (Gazebo) untuk bersantai. Anda bisa menyewa untuk beberapa saat untuk beristirahat dan menikmati pemandangan laut luas nan jernih. Beberapa warung yang menjajakan makanan juga berdiri di tepi pantai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: